Alun-alun Talaga Lokasi Favorit Ngabuburit

f-sambungan-ngabuburit-1

TALAGA – Alun-alun Talaga di jantung ibu kota Kecamatan Talaga merupakan salah satu ruang terbuka, selain itu juga merupakan salah satu tempat kebanggaan masyarakat Talaga dan jadi salah satu tempat favorit untuk ngabuburit.

Meski tidak secantik dan seindah dengan taman kota Majalengka, namun alun-alun Talaga masih tetap menjadi alternatif hiburan keluarga, dan selama bulan Ramadan menjadi salah satu tempat berjualan makanan dan minuman. Sejak memasuki Ramadan, setiap sore menjelang azan magrib alun-alun Talaga dipadati puluhan pedagang makanan dan minuman termasuk para pedagang mainan anak-anak, yang berbaur dengan ratusan warga Kecamatan Talaga yang tengah ngabuburit.

Ngabuburit di alun-alun Talaga membuka peluang usaha bagi para pemilik mobil-mobilan, becak wisata (becak mini), dan pemilik kuda untuk mengais rezeki.

Dadang, pemilik mobil-mobilan menuturkan sangat bersyukur bisa mengais rezeki di aliun-alun Talaga minimal selama Ramadan. Selain dirinya, banyak masyarakat yang berjualan makanan dan minuman segar. “Cukup dengan uang Rp10ribu, anak-anak bisa menyewa mobil-mobilan dan becak mini selama 30 menit berkeliling alun-alun Talaga,” tuturnya.

Sebelumnya  dia berusaha di Jakarta, namun orang tua memintanya pulang kampung dan disediakan beberapa unit mobil-mobilan untuk disewakan. “Awalnya saya kurang yakin dengan usulan orang tua saya itu, namun karena orang tua telah mengeluarkan modal yang cukup besar akhirnya saya mencoba menjalankan usaha tersebut,” terangnya.

Usaha tersebut membuahkan hasil, dan setiap hari bisa mengantongi Rp50 ribu sampai Rp 80ribu. Bahkan selama Ramadan bisa membawa pulang uang sampai Rp150 ribu. Kalau sedang ramai bisa membawa uang sampai Rp200ribu, dengan syarat harus bekerja ekstra. Selain harus memandu anak-anak, dia juga harus memantau mereka saat menjalankan mobil mini. (har)

Sumber : Radar Cirebon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *